Siklus Co Raleigh, Nottingham
1900: Frank Bowden Raleigh di sebelah kiri
Sejarah The Co Siklus Raleigh menawarkan wawasan yang sangat baik ke dalam sejarah manufaktur siklus di Inggris. Dan bagi kita yang mengumpulkan 'sepeda hitam tua' Raleigh memberikan pasokan indah dan beragam. Sebuah Superbe Raleigh pasti sepeda vintage yang paling praktis untuk memiliki dan menggunakan secara teratur.
Catatan komprehensif nomor Raleigh bingkai adalah faktor lain yang sangat berguna: Anda dapat memeriksa usia Anda Raleigh di bagian bawah halaman ini.
Daftar di bawah adalah salah satu yang saya gunakan selama bertahun-tahun, ketika membeli sepeda vintage, yang perlu diingat ketika perusahaan-perusahaan masih 'asli' sebelum diambil alih oleh Raleigh:
Humber 1932
Rudge-Whitworth 1943
Triumph 1954
Tiga Spires 1954
BSA, New Hudson, Sunbeam 1957
Phillips 1960
Hercules 1960
Norman 1960
Sun 1960
Carlton 1960
*********************
Raleigh Street, Nottingham, adalah lokasi bengkel kecil yang pada tahun 1886 mulai memproduksi berlian-frame sepeda keselamatan di tingkat tiga minggu. Frank Bowden, seorang pengacara sukses dan mengkonversi ke bersepeda, membeli perusahaan pada tahun 1887 dan pada Desember 1888 didirikan Perusahaan Siklus Raleigh sebagai perseroan terbatas swasta.Tumbuh pesat dan dalam beberapa tahun adalah perusahaan publik besar dikapitalisasi di £ 100.000 (setara dengan sekitar £ 5m hari ini).
Pada tahun 1902, Sturmey-Archer gigi yang ditambahkan ke dalam berbagai produk. Enam tahun kemudian, Bowden membeli kembali Raleigh, yang tetap di tangan keluarga untuk seperempat abad berikutnya. Pada awal 1920-an, Raleigh adalah seorang pemimpin dunia, mampu menghasilkan per tahun 100.000 siklus, roda gigi hub 250.000 15.000 50.000 sepeda motor dan gearbox motor.
Raleigh selamat dari Depresi Besar juga. Ini diperoleh siklus Humber pada tahun 1932 dan tahun berikutnya mulai memproduksi mobil beroda tiga. Pada tahun 1934 Raleigh kembali ke status perusahaan publik, seperti Raleigh Cycle Holdings Ltd, dengan penerbitan saham lebih dari £ 2 juta (sekitar £ 65 juta = hari ini). Dengan 1938, produksi sepeda telah tumbuh menjadi hampir 500.000 unit per tahun dan perusahaan telah berhenti membuat sepeda motor dan mobil.
Selama Perang Dunia II (1939-1945), Raleigh terkonsentrasi pada pekerjaan amunisi. Nama rentang anggaran, diluncurkan pada tahun 1938 sebagai Gazelle, diubah menjadi Robin Hood, dan Raleigh mengakuisisi Rudge-Whitworth.
Setelah perang, meskipun kekurangan bahan bakar dan baja, siklus produksi Raleigh naik pesat. Dengan 1949, telah mencapai 750.000 orang, yang sebagian besar diekspor.
***********************
Pada tahun 1951, Raleigh menghasilkan lebih dari satu juta siklus. Tapi antara tahun 1950 dan 1962, sebagai konsumen semakin sejahtera ditinggalkan siklus yang mendukung, siklus penjualan mobil di Inggris dibelah dua. Ini dipimpin Raleigh pada tahun 1958 untuk melanjutkan produksi moped dan kemudian meluncurkan skuter. Lebih penting lagi, selama periode ini Raleigh mengakuisisi dua kelompok saingan utama: Triumph dan Tiga Spires tahun 1954, dan BSA (termasuk New Hudson dan Sunbeam) pada tahun 1957.
Raleigh sendiri kemudian diambil alih oleh Investasi Tube (TI), yang Inggris Korporasi Siklus dimiliki Phillips, Hercules, Norman dan Sun. Dampak dari merger adalah bahwa penjualan Raleigh angka menunjukkan tren sedikit selama sebagian besar dari TI 1950s.The mengambil alih mengikuti sebuah usaha kolaborasi dengan Raleigh di Afrika Selatan. Pada tahun 1960, TI membeli semua saham Raleigh, kemudian diserahkan Corporation Siklus Inggris ke Raleigh manajemen. Tiba-tiba, TI-Raleigh memiliki 75% dari pasar Inggris. Sayangnya, hal ini merupakan pasar yang cepat menyusut.
Pada musim semi 1960 Raleigh, setelah berhenti membuat siklus ringan berkualitas di Nottingham, membeli Carlton Siklus, tangan-dibangun balap siklus dihormati spesialis perusahaan yang berbasis di dekat Worksop.
Raleigh sangat dibutuhkan untuk meningkatkan volume penjualan pada pria dan wanita di jalan. Pada bulan Oktober 1960, perjanjian lisensi disusun memungkinkan Raleigh untuk membuat, kecil beroda, baru unisex, dual-suspensi sepeda Moulton.Produksi dijadwalkan akan dimulai pada November 1961 tetapi pada bulan September, Raleigh dikenakan moratorium: Leslie Roberts, direktur masuk Raleigh managing, tidak percaya Moulton bisa menghasilkan keuntungan yang wajar.
Alex Moulton karena itu membangun pabrik sendiri dan mulai memberikan Moultons dengan perdagangan pada Maret 1963.Mesin baru ini adalah sebuah kesuksesan, dan produksi yang paling harus bertani ke Fisher & Ludlow, anak perusahaan British Motor Corporation.
Pada bulan Maret 1964, Raleigh menunjukkan Moulton prototipe RSW16: sebuah kecil roda unsprung belanja sepeda yang dilengkapi dengan baik, lebih kuat dan lebih murah daripada Moulton tersebut. Tidak jelas apakah RSW yang melanggar paten Moulton dan pada bulan Juni 1964 Raleigh mencari lisensi produksi untuk sepeda Moulton. Alex Moulton siap lisensi F-bingkai unsprung kecil beroda, asalkan Moulton asli bisa dijual melalui dealer Raleigh. Negosiasi berlanjut sampai musim gugur tahun 1964 dan termasuk kemungkinan Raleigh membeli siklus operasi Moulton langsung, atau Raleigh membeli sepeda Moulton badged sebagai Raleigh, Raleigh atau mengambil alih pemasaran Moulton itu. Tak satu pun dari pilihan ini datang ke hasil.
Pada pertengahan 1965, Moulton telah memproduksi lebih dari 1.000 unit seminggu. Siklus baru, dan bunga yang dibuat dalam bersepeda sebagai moda bergaya, modern dan praktis dari transportasi, telah menahan penurunan pasca perang tajam dalam penjualan siklus Inggris. Namun, Raleigh adalah melihat manfaat sedikit, kecuali dari Sturmey-Archer hub itu dijual ke Moulton.Memang, sejak TI pengambilalihan, penjualan Raleigh telah drop oleh 49% mengejutkan. Selain itu, pembuat siklus lain seperti Dawes dan Royal Enfield yang memperkenalkan kendaraan roda kecil untuk tunai pada boom Moulton. Oleh karena itu, pada bulan Juli 1965, Raleigh meluncurkan RSW16 dengan belum pernah terjadi sebelumnya £ 100,000 publisitas (= lebih dari £ 1 juta saat ini).
RSW16 terbukti sukses secara komersial, masuk ke MkII dan versi MKIII dan menjual lebih dari 100.000 unit pada sembilan tahun menjalankan produksinya. Skala-down versi remaja, seperti RSW14, juga laris manis. Namun, Wisp, sebuah moped berdasarkan RSW16 dan diluncurkan pada musim semi 1967, membuktikan kegagalan komersial.
Peluncuran RSW yang memicu perang dagang antara Raleigh dan Moulton. Pada 1967, keduanya menderita. Meskipun peningkatan 40% dalam penjualan sejak peluncuran RSW16, keuntungan Raleigh untuk tahun sebelumnya turun 8% dan Moulton kehilangan uang tidak berkesinambungan. Pada akhir Juli 1967, Moulton Sepeda Terbatas dibeli oleh Raleigh, yang ditahan Alex Moulton sebagai konsultan.
Pada tahun 1968, tetapi dengan publisitas yang relatif sedikit, Raleigh memperkenalkan Dua puluh. Ini berumur panjang H-frame kecil beroda ditakdirkan untuk menjadi model untuk sementara penjualan terbesar perusahaan dan tetap dalam produksi untuk beberapa 16 tahun. Pada satu waktu atau lainnya, itu dijual dengan hampir semua merek yang dimiliki oleh Raleigh.
Di atas teks yang diambil dari 'versi lengkap dan terbaru dari sebuah makalah yang ditulis oleh Tony Hadland pada bulan Juni 2000 untuk Konferensi Siklus Sejarah 11th Internasional yang diselenggarakan di Osaka pada Agustus 2000.'http://homepage.ntlworld.com/catfoodrob/choppers/history/history1.html
*****************************
Raleigh dari Nottingham itu selama beberapa dekade produsen terkemuka dunia dari sepeda. Berikut adalah beberapa titik tinggi lebih dari satu abad pembuatan sepeda.
1886 - Tiga Inggris - Woodhead, Angois dan Ellis - mulai sepeda bangunan di bengkel kecil di Raleigh Street, Nottingham.
1887 - Alfred Milward Reynolds menciptakan proses menyeruduk (tabung).
1887 - Siklus Raleigh Perusahaan - Russell Street.
1888 - Frank Bowden membeli lokakarya Woodhead / Angois / Ellis sepeda di Raleigh Street dan mengganti nama itu Perusahaan Siklus Raleigh. Pada titik ini ada sekitar selusin karyawan dan produksi tiga tinggi roda seminggu.
1889 - Reynolds mendirikan Perusahaan Tabung dipatenkan sela.
1895 - Inggris pialang saham Terah Hooley membeli saham pengendali di Raleigh.
1896 - Fred Hanstock membangun Carlton sepeda pertama di Carlton, Inggris.
1896 - Raleigh memiliki pabrik sepeda terbesar di dunia, menempati 7 1/2 hektar. Ada sekitar 850 karyawan dan produksi 30.000 unit per tahun.
1900 - 'The Sepeda All-Steel.
1902 - Raleigh membeli Sturmey-Archer.
1904 - Raleignette.
1905 - Motor Cycles diproduksi.
1906 - Robin Hood Siklus Co Ltd yang diakuisisi.
1914 - Lebih dari 50.000 siklus diproduksi.
1914-1918 - 400 Juta bagian untuk Bersenjata (Mesiu).
1920 - Para presswork Nottingham diperoleh.
1921 - Sir Frank Bowden meninggal.
1921 - Produksi Sepeda Motor dilanjutkan.
1923 - Tabung dipatenkan nama Perusahaan sela diubah menjadi Perusahaan Tabung Reynolds, Ltd
1925 Pabrik meningkat menjadi 20 hektar.
1928 - 114.072 siklus diproduksi.
1931 - HO dibuka Lenton Boulevard.
1930 - bergerak Carlton pabrik sepeda untuk fasilitas yang lebih besar di Worksop, Inggris.
1931-1936 - Keselamatan Tujuh Mobil.
1932 - Raleigh membeli Siklus Humber.
1934 - Raleigh Industries Ltd
1935 - Reynolds 531 mangan-molibdenum ("mang-moly") tubing dikembangkan.
1936 produksi bermotor berhenti.
1937 Penemuan Sturmey-Archer Dynohub.
1938 - Raleigh pertama diekspor ke Kanada.
1939 - 409.479 siklus diproduksi.
1939-45 - WW2 Mesiu produksi.
1943 - Raleigh membeli Rudge-Whitworth.
1943 - Pembayaran Bertahap (Nottm Ltd) yang diperoleh.
1946 - Pabrik meningkat menjadi 28 hektar - 5.000 Karyawan.
1946 - roda tiga 'Winkle' - pertama dari berbagai mainan.
1947-1948 - Boston USA Plant-Ral. Ind of America Inc
1949 - Raleigh Industries India Ltd
1950 - Raleigh Industri Afrika Selatan Ltd
1951 - 1.010.077 Siklus diproduksi.
1952 - Duke of Edinburgh akan membuka Pabrik Baru - Sekarang 40 hektar, 7.000 Karyawan.
1953 - Raleigh membeli Perusahaan Siklus Triumph.
1955 Raleigh Siklus Industri Kanada Ltd
1957 - Raleigh membeli BSA (Birmingham Small Arms).
1958 - moped Pertama diproduksi (Raleigh Mo-PED, kemudian dikenal sebagai RM1).
1960 - Raleigh dan Tube Investasi Group (alias TI) bergabung, membentuk TI Raleigh.
1965 - RSW 16
1967 - Moulton Siklus diperoleh.
1967 - Cox dari Watford diperoleh.
1968 - Ratu Elizabeth II mengunjungi Raleigh.
1969 - kisaran Dreamline dari kereta bayi / kereta dorong.
1970 - Chopper (Inggris)
1970 - Produksi dihentikan produk bermotor.
********************
Menentukan Usia dari Raleigh
Perhatikan bahwa informasi nomor seri di bawah ini adalah fragmentaris dan tidak lengkap, dan sepeda banyak terbukti jauh lebih baru dari nomor seri akan menyarankan. Tampaknya Raleigh didaur ulang banyak dari nomor seri yang lebih tua di tahun kemudian, jadi ada banyak sepeda dari tahun 60an dan 70an yang memiliki nomor seri yang akan menyarankan usia jauh lebih besar.
1888-1925
Sebelum tahun 1925, Raleigh asli (belum tentu nama-nama merek yang dibuat oleh Raleigh) memiliki nomor rangka mudah numerik.Awal tahun telah diperkirakan oleh Perusahaan. (Info dari Arsip Nottinghamshire)
Perhatikan bahwa informasi nomor seri di bawah ini adalah fragmentaris dan tidak lengkap, dan sepeda banyak terbukti jauh lebih baru dari nomor seri akan menyarankan. Tampaknya Raleigh didaur ulang banyak dari nomor seri yang lebih tua di tahun kemudian, jadi ada banyak sepeda dari tahun 60an dan 70an yang memiliki nomor seri yang akan menyarankan usia jauh lebih besar.
1888: 1500
1889: 3200
1890: 5200
1891: 7600
1892: 10500
1893: 13900
1894: 19100
1895: 25300
1896: 32100
1897: 39913
1898: 45981
1899: 54032
1900: 65152
1900: 69868
1901: 77342
1902: 89622
1903: 102954
1904: 112673
1905: 129228
1906: 154917
1907: 183073
1908: 215650
1909: 249081
1910: 285669
1911: 328748
1912: 375693
1913: 427829
1914: 482851
1915: 517198
1916: 545198
1917: 569737
1918: 592473
1919: 621678
1920: 654502
1921: 688291
1922: 738447
1923: 809184
1924: 899465
1925: 998077
1925-Perang Dunia Kedua
Antara 1925 dan berhentinya siklus produksi selama Perang Dunia Kedua, surat diawali atau bersufiks jumlah bingkai berjalan meskipun tidak ada indikasi yang diberikan dari titik awal dari angka-angka. Mereka tampaknya hanya mencerminkan jumlah mesin yang diproduksi sementara setiap huruf telah digunakan.Kencan Semua itu akan menjadi perkiraan. (Info dari Arsip Nottinghamshire)
1925: A1
1925: B34181
1926/27: B56536
1929: E15693
1930: G94785
1933: L84682
1934: T93945
1934: U14540
1935: W71147
1936: W93161
1937: Y184552
Pasang Perang Dunia II - 1955
Setelah perang, Raleigh mulai menambahkan huruf setelah seri nomor yang berjalan restart ketika surat baru digunakan. (Info dari Arsip Nottinghamshire)
1947: 437689 P
1948: 556894 P
1949: 695051 P
1951: 151179 T
1952: 236530 T
1953: 367369 T
1954: 566722 T
1955: 747951 T
1956: 852312 T
1957: 872584 T
1955 - 1966
Sebuah sistem penomoran baru diperkenalkan pada tahun 1955, meskipun ini berlari bersamaan dengan yang lama selama dua tahun. Sistem baru yang terlibat surat menjalankan kedua, ditambahkan dengan yang pertama, yang dimulai pada awal alfabet.
1956: 23839 A
1957: 27227 AB
1958: 17910 AD
1960: 27273 AE
1961: 13126 AF
1965/6: 40814 FD
1966: 64521 FE
Catatan: Beberapa lurus pertengahan 60-an gauge 531 frame memiliki nomor seri dimulai dengan satu huruf yang menjelang akhir alfabet.
1967 - 1973
Namun lain sistem nomor diperkenalkan pada tahun 1966. Sistem baru ini diterapkan pada high-end (yaitu Reynolds 531) frame, dan melibatkan penempatan karakter di awal nomor seri.Karakter dimulai pada awal alfabet, dan menunjukkan tahun pembuatan. Detail tentang angka yang mengikuti alfabet yang lengkap, dan nomor seri berurutan mungkin dari beberapa jenis.
1966: A, diikuti oleh empat angka
1967: B, diikuti oleh empat angka
1968: C, diikuti oleh empat angka
1969: D, diikuti oleh empat angka
1970: E, diikuti oleh empat angka
1971: F, diikuti oleh empat angka
1972: G, diikuti oleh empat angka
1973: H, diikuti oleh empat angka
Catatan: Saat ini skema penomoran umumnya benar, mungkin ada beberapa penggunaan crossover huruf di awal / akhir setiap tahun (misalnya "G" nomor seri mungkin telah dibangun ke sepeda pada tahun 1973, tetapi frame mungkin memiliki dibangun tahun 1972).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar